
LEMBAR KERJA SISWA
(L K S )
MENIMBANG BALON
A. MASALAH.
Bagaimana anda bisa mengatakan bahwa udara di dalam balon itu dapat di timbang ?
B. ALAT DAN BAHAN
• 2 buah balon
• Lidi
• Gunting
• Isolasi
• Benang
C. LANGKAH KEGIATAN
1) Gantunglah lidi dengan ukuran jarak yang sama antara sisi kanan dan sisi kiri dengan menggunakan benang dan isolasi.
2) Ikatkan benang pada dua balon kempis.
3) Tempelkan benang pada masing-masing ujung lidi. Pastikan posisi lidi dalam keadaan seimbang setelah balon di gantung. Jika tidak, tempelan penjepit kertas pada sisi lidi yang membutuhkan keseimbangan.
a). Apa yang terjadi jika anda meniup salah satu balon kemudian menggantungnya kembali?
b). Dengan cara apa anda dapat membuat posisi lidi itu seimbang kembali? Benang harus berada pada ujung lidi.
D. TABEL PENGAMATAN
Jenis Perlakuan Keadaan balon Keadaan timbangan
Balon I
Balon II Tidak mendapt perlakuan
Tidak mendapat perlakuan Kempis
Kempis
Balon I
Balon II Tidak mendapat perlakuan
Ditiup Kempis
Kembung
Balon I
Balon II Ditiup
Ditiup Kembung
Kembung
Balon I
Balon II Dibiarkan kembung
Ditusuk dengan jarum Kembung
Kempis
Keteranangan:
• Variable control : Keadaan balon, panjang tali, jarak benang antara sisi kiri dan sisi kanan penggaris.
• Variable bebas : Panjang benang yang menggantung lidi dan panjang lidi.
E. ANALISIS DATA
Berdasarkan table pengamatan di atas :
1) Bagaimana keadaan balon pada saat posisi timbangan seimbang?
2) Bagaimana keadaan balon pada saat posisi timbangan tidak seimbang?
F. KESIMPULAN
1) Apa yang kalian masukkan ke dalam balon pada saat kalian meniup
balon yang ukurannya hampir sama ?
2) Dua balon yang ditiup dengan ukuran yang hampir sama mempunyai berat……Sehingga apabila dikaitkan pada kedua ujung lidi kedua balon akan…..
3) Saat satu balon di tusuk jarum, berarti ada…..keluar dari balon.
4) Kedua balon yang mula-mula seibang menjadi…. Karena udara …
G. PERLUASAN MATERI
Penggunaan gas elpiji dalam kehidupan sehari-hari yanmg memiliki massa yang berbeda-beda. Gas elpiji ini ada yang massanya 3 kg, 12 kg, dan lain-lain.
Dengan demikian, kita dapat mengetahui bahwa udara itu memiliki massa.
PANDUAN LEMBAR KERJA SISWA
(PLKS)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPA
Kelas /Semester : IV/I
Standar Kompetensi : Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berasarkan sifatnya.
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi berbagai wujud benda padat, cair dan gas yang memiliki sifat tertentu.
Indikator : 1. Menyebutkan contoh benda padat, cair dan gas.
2. Menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
3. Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat,
4. Menunjukkan bukti tentang sifat benda cair.
5. Menunjukkan bukti tentang sifat benda gas.
Tujuan Pembelajaran : Melalui penjelasan guru, siswa dapat :
1. Menyebutkan contoh benda padat, cair, dan gas.
2. Menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
Melalui percobaan, siswa dapat :
1. Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat.
2. Menunjukkan bukti tentang sifat benda cair.
3. Menunjukkan bukti tentang sifat benda gas.
Materi Pembelajaran : “ Benda dan sifatnya”.

1 komentar:
Merkur 24C Chrome - XN--O80b910a26eepc81il5g
Merkur 제왕 카지노 24C Chrome - XN--O80b910a26eepc81il5g.online · Description · Merkur 24C Chrome worrione - 메리트 카지노 쿠폰 XN--O80b910a26eepc81il5g.online.
Posting Komentar